A. STANDAR
KOMPETENSI
2.
Memecahkan
masalah berkaitan dengan konsep aproksimasi kesalahan
B. KOMPETENSI
DASAR
2.2 Menerapkan konsep operasi hasil pengukuran.
C. INDIKATOR
1.
Jumlah
dan selisih hasil peng-ukuran dihitung untuk menentukan hasil maksimum dan
hasil minimumnya.
2.
Hasil
kali pengukuran dihitung untuk menentukan hasil maksimum dan hasil minimumnya.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
Batas
Atas (BA) pengukuran adalah hasil pengukuran ditambah salah mutlaknya.
Batas
Bawah (BB) pengukuran adalah hasil pengukuran dikurangi salah mutlaknya.
1. Penjumlahan Hasil Pengukuran
Dua atau lebih
pengukuran apabila dijumlahkan maka salah mutlaknya adalah jumlah salah mutlak
dari pengukuran-pengukuran awal.
Penjumlahan hasil
pengukuran dapat dibedakan menjadi 2, yaitu jumlah maksimum dan minimum dengan
rumus :
Jumlah maksimum = BA1
+ BA2
Jumlah Minimum = BB1 + BB2
2. Pengurangan Hasil Pengukuran
Selisih maksimum = BAterbesar
+ BAterkecil
Selisih Minimum = BBterbesar + BBterkecil
3. Perkalian Hasil Pengukuran
Dua pengukuran jika
dikalikan akan diperoleh dua macam hasil kali, yaitu :
Hasil kali maksimum =
BA1 × BA2
Hasil kali Minimum = BB1 × BB2
E. LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pertemuan
Keempat
Pendahuluan :
1)
Guru mengucapkan salam pada saat akan
memasuki ruang kelas ( Karakter : Religius ).
2)
Guru bersama siswa berdoa bersama
sebelum memulai kegiatan belajar. ( Karakter : Religius )
3)
Guru mengabsen kehadiran siswa, dan
menanyakan siswa yang tidak masuk kepada teman yang lainnya. ( Karakter :
Disiplin )
Apersepsi : Mengoreksi tugas yang diberikan.
Motivasi : Apabila materi tentang operasi pengukuran ini dikuasai dengan baik,
maka siswa dengan dapat melakukan operasi pengukuran dalam kehidupan
sehari-hari.
Kegiatan
Inti :
1.
Eksplorasi
a.
Guru memberikan stimulus tentang materi
yang akan dipelajari mengenai penjumlahan dan pengurangan pengukuran serta
menghitung hasil maksimum dan minimumnya. (Karakter : Rasa Ingin Tahu)
b.
Bersama dengan guru, siswa mendiskusikan
materi tersebut ( Karakter : Inovatif)
2.
Elaborasi
a.
Guru membuat contoh soal yang berkaitan
dengan materi tersebut.
b.
Bersama-sama dengan siswa, guru membahas
contoh soal tersebut.
c.
Siswa dikondisikan untuk mengerjakan
soal pada LKS hal 37 No. 1 dan 3 ( Karakter : Kreatif )
d.
Guru meneliti pekerjakan siswa dan
mengkondisikan agar siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan.
(Karakter : Cinta Ilmu)
3.
Konfirmasi
a.
Siswa diberikan kesempatan bertanya
mengenai hal-hal yang belum diketahui. ( Karakter : Rasa Ingin Tahu )
b.
Guru menjelaskan tentang hal-hal yang
belum diketahui oleh siswa. ( Karakter : Ingin Tahu )
Lembar
Kerja Siswa !
1.
Tentukan batas-batas penjumlahan dari
dua pengukuran 5, 2 cm dan 3, 6 cm (apabila masing-masing dibulatkan satu angka
di belakang koma)
2.
Tentukan batas-batas pengurangan dari
dua pengukuran 5 cm dan 3 cm. Kemudian bulatkan masing-masing ke cm terdekat !
Penutup :
a.
Siswa membuat rangkuman tentang materi jumlah
dan selisih pengukuran ( Karakter : Cinta Ilmu )
b.
Berdo’a bersama setelah kegiatan belajar
selesai. ( Karakter : Religius )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar