Jumat, 01 November 2013

Penjumlahan Hasil Pengukuran



A.    STANDAR KOMPETENSI
2.        Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep aproksimasi kesalahan

B.     KOMPETENSI DASAR
2.2    Menerapkan konsep operasi hasil pengukuran.

C.     INDIKATOR
1.        Jumlah dan selisih hasil peng-ukuran dihitung untuk menentukan hasil maksimum dan hasil minimumnya.
2.        Hasil kali pengukuran dihitung untuk menentukan hasil maksimum dan hasil minimumnya.

D.      MATERI PEMBELAJARAN
Batas Atas (BA) pengukuran adalah hasil pengukuran ditambah salah mutlaknya.
Batas Bawah (BB) pengukuran adalah hasil pengukuran dikurangi salah mutlaknya.

1.      Penjumlahan Hasil Pengukuran
Dua atau lebih pengukuran apabila dijumlahkan maka salah mutlaknya adalah jumlah salah mutlak dari pengukuran-pengukuran awal.
Penjumlahan hasil pengukuran dapat dibedakan menjadi 2, yaitu jumlah maksimum dan minimum dengan rumus :
Jumlah maksimum = BA1 + BA2
Jumlah Minimum    = BB1 + BB2

2.      Pengurangan Hasil Pengukuran
Selisih maksimum = BAterbesar + BAterkecil
Selisih Minimum    = BBterbesar + BBterkecil

3.      Perkalian Hasil Pengukuran
Dua pengukuran jika dikalikan akan diperoleh dua macam hasil kali, yaitu :
Hasil kali maksimum = BA1 × BA2
Hasil kali Minimum    = BB1 × BB2

E.    LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Keempat
Pendahuluan         :
1)      Guru mengucapkan salam pada saat akan memasuki ruang kelas ( Karakter : Religius ).
2)      Guru bersama siswa berdoa bersama sebelum memulai kegiatan belajar. ( Karakter : Religius )
3)      Guru mengabsen kehadiran siswa, dan menanyakan siswa yang tidak masuk kepada teman yang lainnya. ( Karakter : Disiplin )

Apersepsi              :  Mengoreksi tugas yang diberikan.

Motivasi                :  Apabila materi tentang operasi pengukuran ini dikuasai dengan baik, maka siswa dengan dapat melakukan operasi pengukuran dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan Inti         :
1.      Eksplorasi
a.       Guru memberikan stimulus tentang materi yang akan dipelajari mengenai penjumlahan dan pengurangan pengukuran serta menghitung hasil maksimum dan minimumnya. (Karakter : Rasa Ingin Tahu)
b.      Bersama dengan guru, siswa mendiskusikan materi tersebut ( Karakter : Inovatif)

2.      Elaborasi
a.       Guru membuat contoh soal yang berkaitan dengan materi tersebut.
b.      Bersama-sama dengan siswa, guru membahas contoh soal tersebut.
c.       Siswa dikondisikan untuk mengerjakan soal pada LKS hal 37 No. 1 dan 3 ( Karakter : Kreatif )
d.      Guru meneliti pekerjakan siswa dan mengkondisikan agar siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan. (Karakter : Cinta Ilmu)

3.      Konfirmasi
a.       Siswa diberikan kesempatan bertanya mengenai hal-hal yang belum diketahui. ( Karakter : Rasa Ingin Tahu )
b.      Guru menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa. ( Karakter : Ingin Tahu )
Lembar Kerja Siswa !
1.      Tentukan batas-batas penjumlahan dari dua pengukuran 5, 2 cm dan 3, 6 cm (apabila masing-masing dibulatkan satu angka di belakang koma)
2.      Tentukan batas-batas pengurangan dari dua pengukuran 5 cm dan 3 cm. Kemudian bulatkan masing-masing ke cm terdekat !

Penutup                 :
a.       Siswa membuat rangkuman tentang materi jumlah dan selisih pengukuran ( Karakter : Cinta Ilmu )
b.      Berdo’a bersama setelah kegiatan belajar selesai. ( Karakter : Religius )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar