A. STANDAR
KOMPETENSI
5. Menyelesaikan masalah program linier
B. KOMPETENSI
DASAR
5.2 Menentukan model matematika dari soal ceritera (kalimat
verbal).
C. INDIKATOR
1. Soal ceritera (kalimat verbal) diterjemahkan ke kalimat
matematika.
2. Kalimat matematika ditentukan daerah penyelesaiannya.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari
materi operasi bilangan real, diharapkan siswa mampu :
1.
Menjelaskan
pengertian model matematika
2.
Menentukan
apa yang diketahui dan ditanyakan
3.
Menyusun
sistem pertidaksamaan linier
4.
Menentukan
daerah penyelesaian
E. MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Pengertian Model Matematika
Model matematika adalah suatu cara untuk memandang suatu
permasalahan atau suatu persoalan dengan menggunakan sistem pertidaksamaan
linier.
2.
Menyusun Model Matematika
Contoh:
Seorang pelamar
disebuah perusahaan dinyatakan diterima bekerja di perusahaan jika memenuhi
syarat syarat jumlah hasil tes akademik dan tes psikologi tidak boleh kurang
dari 14 dan nilai masing masing hasil tes tersebut tidak boleh kurang dari 6.
Buatlah model matematika untuk permasalahan tersebut.
Pembahasan:
Misalnya nilai tes
akademik = x dan nilai tes psikologi = y.
dari syarat pertama
diperoleh hubungan x + y ≥ 14
dari syarat kedua
diperoleh hubungan x ≥ 6 dan y ≥ 6.
Jadi model
matematika untuk menentukan seorang pelamar dinyatakan diterima bekerja di
perusahaan tersebut adalah :
x + y ≥ 14
x ≥ 6
y ≥ 6 dengan x, y ϵ
C.
F. METODE
PEMBELAJARAN
Ceramah, diskusi kelompok,
dan Tanya jawab
G. LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pertemuan
Kelima
Pendahuluan :
1.
Berdoa
sebelum memulai pembelajaran (karakter: ketaqwaan)
2.
Memberikan
salam pembuka (karakter: sikap ramah)
3.
Memeriksa
kehadiran dan kesiapan siswa (karakter: disiplin, peduli).
Motivasi : Guru menjelaskan lingkup materi yang akan dipelajari serta
manfaat yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (karakter: sikap terbuka dan demonstrasi)
Kegiatan inti :
1.
Eksplorasi
a.
Guru
memberikan stimulus tentang pengertian model matematika dan
menentukan apa yang diketahui dan di tanyakan (karakter:
rasa ingin tahu, menyimak informasi).
b.
Guru
menjelaskan cara menentukan mengubah soal cerita ke model matematika
(kreatif, kerja keras)
c.
Siswa
diberi kesempatan untuk mengadakan pertanyaan. (kreatif, rasa ingin tahu)
2.
Elaborasi
a.
Siswa
diberikan latihan soal yang dikerjakan secara mandiri, sementara guru keliling kelas memberi bantuan
seperlunya.(mandiri, rasa ingin tahu)
b.
Beberapa
siswa mengerjakan kedepan mewakili teman-temannya.
c.
Guru
mengkonfirmasi hasil pekerjaan siswa di papan tulis.
3.
Konfirmasi
a.
Siswa
diberi waktu untuk mencatat ringkasan materi yang disampaikan guru (Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Peduli).
b.
Siswa
memberikan umpan balik dalam bentuk tanya jawab dengan guru
c.
Siswa
dapat menyimpulkan hasil pembelajaran sehingga mendapat persepsi yang sama
dengan guru (karakter: saling menghargai, kerja keras).
Penutup :
1.
Guru
memberikan penguatan, penyelesaian soal-soal.
2.
Bersama-sama
siswa membuat rangkuman.
3.
Guru
memberi tugas untuk dikerjakan mandiri di rumah.
4.
Guru
memberikan tugas pokok bahasan pertemuan berikutnya.
5.
Guru
menutup pelajaran dengan salam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar