Jumat, 01 November 2013

Operasi Bentuk Akar



A.    STANDAR KOMPETENSI
1.         Memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep operasi bilangan real.

B.     KOMPETENSI DASAR
1.3   Menerapkan operasi pada bilangan irrasional.

C.     INDIKATOR
1.         Bilangan bentuk akar dioperasikan sesuai dengan sifat-sifatnya.
2.         Bilangan bentuk akar disederhanakan atau ditentukan nilainya dengan menggunakan sifat-sifat bentuk akar.
3.         Konsep bilangan irasional diterapkan dalam penyelesaian masalah.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Definisi BentukAkar
Bentuk akar didapat dari bentuk bilangan berpangkat . Bentuk akar adalah akar dari suatu bilangan yang nilainya memuat banyaknya angka decimal tak hingga.
Contoh bukan bentuk akar :
Contoh bentuk akar    :

2.      OperasiBentukAkar
a.       Penjumlahan dan pengurangan bentuk akar
Dua bilangan bentuk akar dapat dijumlahkan atau dikurangkan jika bentuk akarnya sejenis. Artinya, bilangan itu mempunyai akar pangkat dan basis sejenis.
(i)    
(ii)  

b.      Perkalian bilangan bentuk akar
Perkalian bentuk akar berlaku jika akar pangkatnya sama. Untuk perkalian bilangan real dengan bentuk akar, digunakan aturan :
(i)       
(ii)     

c.       Pembagian bentuk akar
Pembagian bentuk akar berlaku jika akar pangkatnya sama. Untuk pembagian bilangan real dengan bentuk akar, digunakan aturan :
(i)                
(ii)               Bentuk
(iii)             Bentuk
(iv)             Bentuk

3.      Menyederhanakan Bentuk Akar
Bentuk akar dapat disederhanakan dengan cara mengubah bilangan didalam akar tersebut menjadi dua bilangan dimana bilangan yang satu dapat diakarkan sedang bilangan yang lain tidak dapat diakarkan.
  
E.    LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-8
Pendahuluan         :
1)      Guru mengucapkan salam pada saat akan memasuki ruang kelas ( Karakter : Religius ).
2)      Guru bersama siswa berdoa bersama sebelum memulai kegiatan belajar. ( Karakter : Religius )
3)      Guru mengabsen kehadiran siswa, dan menanyakan siswa yang tidak masuk kepada teman yang lainnya. ( Karakter : Disiplin )

Apersepsi              :  Mengulas kembali tentang materi yang sebelumnya yang berkaitan dengan operasi bilangan berpangkat dan menanyakan tugas bila ada.

Motivasi                :  Apabila materi tentang konsep bilangan irrasional dapat dikuasai dengan baik, diharapkan siswa mampu memahami konsep bilangan irrasional beserta sifat-sifatnya dan menyederhanakan bentuk akar.

Kegiatan Inti         :
1.      Eksplorasi
a.       Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan dipelajari mengenai definisi bilangan akar dan operasi bilangan akar beserta sifat-sifatnya. (Karakter : Rasa InginTahu)
b.      Bersama dengan guru, siswa mendiskusikan materi tersebut ( Karakter : Inovatif)

2.      Elaborasi
a.       Guru memberikan soal yang berkaitan dengan operasi bentuk akar beserta cara menyederhanakannya. ( Karakter : Kreatif )
b.      Bersama dengan guru, siswa membahas soal-soal tersebut ( Karakter : Cinta Ilmu )
c.       Siswa diberikan tugas sebagai tugas individu mengenai materi operasi hitung bilangan akar. ( Karakter : Tanggung Jawab )

3.      Konfirmasi
a.       Siswa diberikan kesempatan bertanya mengenai hal-hal yang belum diketahui. ( Karakter : Rasa Ingin Tahu )
b.      Guru menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa. ( Karakter : Ingin Tahu )
Lembar Kerja Siswa !
1.      Berikan contoh-contoh bilangan yang merupakan bentuk akar dan bukan bentuk akar yang belum pernah diberikan !
2.      Sederhanakan bentuk akar dibawah ini.
a.                                  c.
b.                             d.
3.      Sederhanakan bentuk akar dibawah ini.
a.                                          c.
b.                        d.

Penutup                 :
a.       Siswa membuat rangkuman tentang materi operasi hitung dan sifat-sifat bilangan irrasional serta cara menyederhanakan bentuk akar. ( Karakter : Cinta Ilmu )
b.      Guru memberikan Pekerjaan Rumah (PR) yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan akar. ( Karakter : Tanggung Jawab )
c.       Berdoa bersama setelah kegiatan belajar selesai. ( Karakter : Religius )

Pertemuan Ke-9
Pendahuluan         :
1)      Guru mengucapkan salam pada saat akan memasuki ruang kelas ( Karakter : Religius ).
2)      Guru bersama siswa berdoa bersama sebelum memulai kegiatan belajar. ( Karakter : Religius )
3)      Guru mengabsen kehadiran siswa, dan menanyakan siswa yang tidak masuk kepada teman yang lainnya. ( Karakter : Disiplin )

Apersepsi              :  Mengoreksi tugas-tugas yang telah diberikan oleh siswa.

Motivasi                :  Apabila materi tentang merasionalkan bentuk akar dapat dikuasai dengan baik, diharapkan siswa mampu merasionalkan bentuk akar dalam bentuk apapun dan dapat menyederhanakannya.





KegiatanInti          :
1.      Eksplorasi
a.       Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan dipelajari mengenai merasionalkan bilangan akar dan menyederhanakannya.  (Karakter : Rasa Ingin Tahu)
b.      Bersama dengan guru, siswa mendiskusikan materi tersebut ( Karakter : Inovatif)

2.      Elaborasi
a.       Guru memberikan soal yang berkaitan dengan merasionalkan bentuk akar dan menyederhanakan bentuk akar. ( Karakter : Kreatif )
b.      Bersama dengan guru, siswa membahas soal-soal tersebut ( Karakter : Cinta Ilmu )
c.       Siswa diberikan tugas sebagai tugas individu mengenai materi merasionalkan bentuk akar. ( Karakter : Tanggung Jawab )

3.      Konfirmasi
a.       Siswa diberikan kesempatan bertanya mengenai hal-hal yang belum diketahui. ( Karakter : Rasa Ingin Tahu )
b.      Guru menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa. ( Karakter : Ingin Tahu )

Lembar Kerja Siswa.
1.      Rasionalkan bentuk akar berikut ini.
a.                                  c.
b.                                 d.
2.      Rasionalkan bentuk akar berikut ini.
a.                              c.
b.                             d.
3.      Rasionalkan bentuk berikut.
a.                             c.
c.                             d.





Penutup                 :
a.       Siswa membuat rangkuman tentang materi merasionalkan bentuk akar. ( Karakter : Cinta Ilmu )
b.      Guru memberikan Pekerjaan Rumah (PR) yang berkaitan dengan materi merasionalkan bentuk akar. ( Karakter : Tanggung Jawab )
c.       Berdoa bersama setelah kegiatan belajar selesai. ( Karakter : Religius )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar