A.
STANDAR KOMPETENSI
B.
KOMPETENSI DASAR
3.3
Menerapkan
persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
C.
INDIKATOR
1.
Persamaan
kuadrat disusun berdasarkan akar-akar yang diketahui
2.
Persamaan
kuadrat baru disusun berdasarkan
akar-akar persamaan kuadrat lain
3.
Persamaan
dan pertidaksamaan kuadrat diterapkan dalam menyelesaikan masalah program
keahlian.
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Siswa dapat menyelesaikan soal serta
menentukan himpunan penyelesaian yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.
2.
Siswa dapat menyelesaikan soal serta
menentukan himpunan penyelesaian yang berkaitan dengan pertidaksamaan kuadrat.
3.
Siswa dapat menerapkan persamaan dan pertidaksamaan
kuadrat.
E.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Menyusun Persamaan Kuadrat yang
Diketahui Akar-akarnya
a.
Menggunakan
perkalian faktor
Jika diketahui x1 dan x2 adalah
akar-akar persamaan kuadrat, maka persamaanya adalah: (x - x1 )(x - x2 )
= 0
Contoh:
Dengan menggunakan perkalian faktor, susunlah persamaan
kuadrat yang akar-akarnya -2 dan 3
Jawab:
x1 = -2 dan
x2 = 3
(x – (-2) )
(x - 3 ) = 0
(x + 2 )(x
- 3 ) = 0
Maka persamaan kuadratnya adalah: x2-
x – 6 = 0
b.
Menggunakan
rumus jumlah dan hasil kali akar-akar
Jika diketahui x1 dan x2 adalah
akar-akar persamaan kuadrat, maka persamaanya dapat disusun dengan menggunakan
rumus jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat, yaitu: x2-
( x1 + x2 )x + x1 x2 = 0
Contoh:
Dengan meggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar,
susunlah persamaan kuadrat yang akar-akarnya -2 dan 3
Jawab:
x1 = -2 dan
x2 = 3
Maka persamaan kuadratnya adalah:
x2- ( -2 + 3 )x
+ (-2.3) = 0
x2- x – 6 = 0
2.
Menyusun Persamaan Kuadrat Jika
Akar-akarnya Mempunyai Hubungan dengan Akar akar Persamaan Kuadrat Lainnya
Apabila
persamaan kuadrat ax2 + bx + c = 0, a ≠ 0 akar-akarnya x1
dan x2, maka
persamaan kuadrat baru adalah x2
+ (x1 + x2)x + x1.x2 = 0. Dimana (x1 + x2) dan (x1.x2) adalah akar-akar dari persamaan
kuadrat yang diketahui.
3.
Pertidaksamaan Kuadrat
Untuk mendapatkan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan
kuadrat dapat dilakukan dengan bantuan garis bilangan dengan langkah-langkah
sebagai berikut:
a.
Pindahkan
semua suku kesebelah kiri (jadikan ruas kanan nol)
b.
Tentukan
pembuat nolruas kiri (akar-akar pertidaksamaan kuadrat)
c.
Letakan
angka pembuat nol pada garis bilangan (maka garis bilangan terbagi menjadi
interval-interval)
d.
Tetapkan
tanda-tanda interval denga cara:
-
Ambil
sebarang bilangan bilangan (bukan pembuat nol) lalu subsitusikan sebagai harga
x pada bentuk ax2 + bx + c.
-
Jika
hasil a positif, maka tanda interval dimana bilangan sebarang tersebut diambil
juga positif, dan sebaliknya.
-
Interval
yang bersebelahan biasanya mempunyai tanda yang berlawanan.
-
Pilihlah
interval yang mempunyai tanda yang bersesuaian dengan soal untuk mendapatkan
himpunan penyelesaian
Contoh:
Tentukan Hp
pertidaksamaan kuadrat 3x2 – 4x – 4 < 0, x R
Jawab :
Pembuat nol
fungsi :
3x2
– 4x – 4 < 0
(3x + 2)(x – 2)
= 0
x2 = 2
Hp = {x| < x <
2, x R }
F.
METODE PEMBELAJARAN
Ceramah,
Diskusi kelompok, Tanya Jawab.
G.
LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan
Ke-8
Pendahuluan :
1) Guru
mengucapkan salam pada saat akan memasuki ruang kelas ( Karakter : Religius ).
2) Guru
bersama siswa berdoa bersama sebelum memulai kegiatan belajar. ( Karakter : Religius
)
3) Guru
mengabsen kehadiran siswa, dan menanyakan siswa yang tidak masuk kepada teman
yang lainnya. ( Karakter : Disiplin )
Apersepsi : Guru mengingatkan kembali menentukan himpunan
penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kudrat.
Motivasi : Guru menjelaskan tentang lingkup materi tentang penerapan persamaan
dan pertidaksamaan kudrat.
Kegiatan Inti :
1. Eksplorasi
a. Guru
memberikan stimulus tentang materi yang akan dipelajari mengenai menyusun
persamaan kuadrat yang akar-akarnya telah diketahui. (Karakter : Rasa Ingin
Tahu)
b. Bersama
dengan guru, siswa mendiskusikan materi tersebut ( Karakter : Inovatif)
2. Elaborasi
a. Siswa
dikondisikan untuk mengerjakan soal pada LKS hal 53 No. 1- 5 secara mandiri (
Karakter : Kreatif )
b. Guru
meneliti pekerjakan siswa dan mengkondisikan agar siswa mempresentasikan hasil
pekerjaannya di depan. (Karakter : Cinta Ilmu)
3. Konfirmasi
a. Siswa
diberikan kesempatan bertanya mengenai hal-hal yang belum diketahui. ( Karakter
: Rasa Ingin Tahu )
b. Guru
menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa. (Karakter : Ingin
Tahu)
Penutup :
a. Siswa
membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari. ( Karakter : Cinta Ilmu
)
b. Guru
memberikan Pekerjaan Rumah (PR) yang berkaitan dengan materi. ( Karakter :
Tanggung Jawab )
c. Berdo’a
bersama setelah kegiatan belajar selesai. ( Karakter : Religius )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar