A. STANDAR
KOMPETENSI
5. Menyelesaikan masalah program linier
B. KOMPETENSI
DASAR
5.1 Membuat grafik himpunan penyelesaian sistem
pertidaksamaan linier.
C. INDIKATOR
1. Pertidaksamaan linier ditentukan daerah penyelesaiannya.
2. Sistem pertidaksamaan linier dengan 2 variabel ditentukan
daerah penyelesaiannya.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari
materi operasi bilangan real, diharapkan siswa mampu :
1. Menentukan daerah penyelesaian pertidaksamaan linier
dengan cermat.
2. Menentukan daerah penyelesaian sistem pertidaksamaan
linier dengan 2 variabel dengan cermat.
E. MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Pengertian Program Linier
Program linier
adalah suatu metode untuk mencari nilai maksimum atau minimum dari bentuk
linier pada daerah yang dibatasi oleh grafik-grafik fungsi linier.
2. Grafik Himpunan Penyelesaian
Pertidaksamaan Linier
Bentuk umum
pertidaksamaan linier adalah :
ax + by > c
ax + by < c
ax + by ≥ c
ax + by ≤ c
dengan x dan y sebagai variabel, a, b, c sebagai
konstanta.
Langkah-langkah untuk menggambar grafik grafik
penyelesaian pertidaksamaan linier :
a. Nyatakan
pertidaksamaan linier sebagai persamaan linier dalam bentuk ax + by = c (garis
pembatas).
b. Tentukan
titik potong garis ax + by = c dengan sumbu X dan sumbu Y.
c. Taris
garis lurus yang menghubungkan kedua titik potong tersebut. Jika pertidaksamaan
dihubungkan dengan tanda ≥ atau ≤, garis dilukis tidak putung-putus, sedangkan
jika pertidaksamaan dihubungkan dengan tanda > atau <, garis dilukis
putus-putus.
d. Tentukan
sebarang titik (x1, y1), masukkan ke pertidaksamaan. Jika pertidaksamaan
bernilai benar, maka daerah tersebut merupakan daerah penyelesaian. Sebaliknya
jika pertidaksamaan bernilai salah, maka daerah tersebut bukan merupakan daerah
penyelesaian.
e. Arsirlah
daerah yang memenuhi, sehingga daerah himpunan penyelesaiannya adalah daerah
yang diarsir, atau arsirlah daerah yang tidak memenuhi, sehingga daerah
himpunan penyelesaiannya adalah daerah yang bersih (tidak diarsir).
3.
Grafik Himpunan Penyelesaian Sistem Pertidaksamaan Linier
dengan Dua Variabel.
Sistem pertidaksamaan linier dua variabel adalah gabungan
dari dua atau lebih pertidaksamaan linier dengan dua variabel.
Untuk menentukan daerah himpunan penyelesaian pertidaksamaan dua variabel, kita
gunakan tabel dan grafik pada diagram cartesius seperti berikut.
Contoh
:
1. Tentukan
daerah himpunan penyelesaian dari 4x + 5y ≤ 20
Jawab :
x
|
0
|
5
|
y
|
4
|
0
|
Garis 4x + 5y = 20 yang
tampak pada gambar membagi bidang menjadi dua daerah
(0,4)
HP
|
0
Garis 4x + 5y =
20
Selanjutnya
ambil salah satu titik yang ada pada daerah arsiran untuk memeriksa benar tidaknya
memenuhi pada pertidaksamaan yang diberikan. Misalnya ambil titik (0,0) lalu substitusikan
kepertidaksamaan 4x + 5y ≤ 20, apakahmenghasilkan relasi yang benar?
(0,0)
↔
4x + 5y ≤ 20
4 (0) + 5 (0)
≤ 20
0 ≤ 20
Ternyatabenarbahwa 0 ≤ 20
Jadi,
daerah tempat titik (0,0) berada di dalam daerah himpunan penyelesaiannya.
F. METODE
PEMBELAJARAN
Ceramah, diskusi, dan
Tanya jawab
G. LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pertemuan
Pertama
Pendahuluan :
1)
Guru mengucapkan salam pada saat akan
memasuki ruang kelas ( Karakter : Religius ).
2)
Guru bersama siswa berdoa bersama
sebelum memulai kegiatan belajar. ( Karakter : Religius )
3)
Guru mengabsen kehadiran siswa, dan
menanyakan siswa yang tidak masuk kepada teman yang lainnya. ( Karakter :
Disiplin )
Motivasi : Guru menjelaskan tentang ruang lingkup materi program linier.
Kegiatan
Inti :
1.
Eksplorasi
a.
Guru memberikan gambaran tentang materi
yang akan dipelajari mengenai program linier. (Karakter : Rasa Ingin Tahu)
b.
Bersama dengan guru, siswa mendiskusikan
definisi program linier. (Karakter : Inovatif)
2.
Elaborasi
a.
Guru menjelaskan tentang materi grafik
himpunan penyelesaian pertidaksamaan linier. ( Karakter : Demokrasi )
b.
Bersama-sama dengan siswa guru membahas
salah satu contoh soal tentang menentukan daerah himpunan penyelesaian. (Karakter
: Kreatif)
c.
Siswa diberikan latihan soal tentang
menentukan daerah himpunan penyelesaian. ( Karakter : Cinta Ilmu )
d.
Siswa diberikan latihan soal menentukan
daerah himpunan penyelesaian. ( Karakter : Tanggung Jawab )
3.
Konfirmasi
a. Siswa diberi waktu untuk mencatat ringkasan materi yang
disampaikan guru (Rasa ingin tahu, Komunikatif, Peduli).
b. Siswa memberikan umpan balik dalam bentuk tanya jawab
dengan guru
Siswa dapat menyimpulkan
hasil pembelajaran sehingga mendapat persepsi yang sama dengan guru (karakter:
saling menghargai, kerja keras).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar