A. STANDAR
KOMPETENSI
6.
Menerapkan
logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan
majemuk dan pernyataan berkuantor.
B. KOMPETENSI
DASAR
6.4 Menerapkan modus panens, modus tollens dan prinsip
silogisme dalam menarik kesimpulan.
C. INDIKATOR
1.
Modus
ponens, modus tollens dan silogisme dijelaskan pebedaannya.
2.
Modus
ponens, modus tollens dan silogisme digunakan untuk menarik kesimpulan.
3.
Penarikan
kesimpulan ditentukan kesahihannya.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari
uraian pada kegiatan belajar ini, diharapkan siswa dapat :
1.
Menjelaskan pengertian modus ponens,
modus tollens, dan silogisme.
2.
Menarik kesimpulan dengan menggunakan
modus Ponens, modus tollens, dan silogisme ;
3.
Menentukan keabsahan penarikan
kesimpulan.
E. MATERI
PEMBELAJARAN
Pernyataan yang telah
diketahui nilai kebenarannya disebut premis,
kumpulan dari semua premis disebut argument,
dan pernyataan yang merupakan kesimpulan disebut konklusi. Penarikan kesimpulan di dalam logika matematika, ada tiga
cara sebagai berikut.
1. Modus
Ponens
Aturan dasar penarikan
kesimpulan, modus Ponens adalah :
Jika bernilaibenar dan p bernilai benar maka q bernilai
benar.
Modus ponens disajikan
sebagai berikut.
Premis 1 : Premis 1 : p
Premis 2 : p Premis
2 :
Konklusi : q Konklusi
: q
Tabel kebenaran berikut
menunjukkan bahwa penarikan kesimpulan modus Ponens termasuk dalam kategori valid (dapat dibuktikan kebenarannya).
Modus Ponens dapat
dinotasikan
Tabel kebenaran modus
Ponens.
p
|
q
|
|
(
|
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
S
|
S
|
S
|
B
|
S
|
B
|
B
|
S
|
B
|
S
|
S
|
B
|
S
|
B
|
Contoh :
Premis 1 : Jika hari
ini hujan maka saya membawa paying.
Premis 2 : Hari ini
hujan
Konklusi : Saya membawa payung.
2. Modus
Tollens
Aturan dasar penarikan
kesimpulan modus Tollens adalah :
Jika bernilai benar dan p bernilai benar maka -q bernilai
salah maka –p berniali benar.
Modus Tollens disajikan
sebagai berikut.
Premis 1 :
Premis 2 : -q
Konklusi : -p
Modus Tollens dapat
dilambangkan :
Tabel kebenaran Modus
Tollens.
p
|
q
|
-p
|
-q
|
|
(
|
|
B
|
B
|
S
|
S
|
B
|
S
|
B
|
B
|
S
|
S
|
B
|
S
|
S
|
B
|
S
|
B
|
B
|
S
|
B
|
S
|
B
|
S
|
S
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
Contoh :
Premis 1 : Jika saya
sakit maka saya pergi kedokter.
Premis 2 : Saya tidak
pergi ke dokter
Konklusi : Saya tidak sakit.
3. Silogisme
Aturan dasar penarikan
kesimpulan yang disebut silogisme adalah :
Jika dan keduanya bernilai benar maka juga bernilai benar.
Silogisme dapat dilambangkan :
Penarikan kesimpulan silogisme dapat
ditunjukkan keabsahannya dengan menunjukkan bahwa implikasi merupakan tautology, yaitu pernyataan yang
selalu bernilai benar.
Silogisme dibedakan menjadi dua bagian
sebagai berikut.
a. Silogisme
Disjungsi
Silogisme disjungsi
disajikan sebagai berikut.
Premis 1 : Premis 1 :
Premis 2 : -q Premis
2 : -p
Konklusi : p Konklusi : q
Tabel kebenaran
Silogisme Disjungsi
p
|
q
|
-q
|
|
|
|
B
|
B
|
S
|
B
|
S
|
B
|
B
|
S
|
B
|
B
|
B
|
B
|
S
|
B
|
S
|
B
|
S
|
B
|
S
|
S
|
B
|
S
|
S
|
B
|
Contoh :
Premis 1 : Yudhistira pergi fotocopi atau
Krisna pergi fotocopi.
Premis 2 : Krisna tidak
pergi fotocopi
Konklusi
: Yudhistira pergi fotocopi.
b. Silogisme
Hipotetik
Silogisme hipotetik
disajikan sebagai berikut.
Premis 1 :
Premis 2 :
Konklusi : p
Tabel kebenaran silogisme hipotetik.
p
|
q
|
r
|
|
|
|
p
|
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
S
|
B
|
S
|
S
|
S
|
B
|
B
|
S
|
B
|
S
|
B
|
S
|
B
|
B
|
B
|
S
|
S
|
S
|
B
|
S
|
S
|
B
|
S
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
S
|
B
|
S
|
B
|
S
|
S
|
B
|
B
|
S
|
S
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
S
|
S
|
S
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
Contoh :
Premis 1 : Jika saya
rajin maka saya naik kelas.
Premis 2 : Jika saya
naik kelas maka saya dibelikan sepeda motor.
Konklusi : Jika saya rajin maka saya dibelikan sepeda
motor
F.
METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Metode
Pembelajaran Jigsaw
G. LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pertemuan
Ke-8
Pendahuluan :
1)
Guru mengucapkan salam pada saat akan
memasuki ruang kelas ( Karakter : Religius ).
2)
Guru bersama siswa berdoa bersama
sebelum memulai kegiatan belajar. ( Karakter : Religius )
3)
Guru mengabsen kehadiran siswa, dan
menanyakan siswa yang tidak masuk kepada teman yang lainnya. ( Karakter :
Disiplin )
Apersepsi : Melakukan kegiatan refleksi
tentang materi sebelumnya dan menanyakan tugas jika ada.
Motivasi : Siswa dapat menjelaskan tentang pengertian-pengertian dari modus
Ponens, modus Tollens, dan Silogisme.
Kegiatan
Inti :
1.
Eksplorasi
a.
Guru memberikan stimulus tentang materi
yang akan dipelajari mengenai modus Ponens, modus Tollens, dan Silogisme.
(Karakter : Rasa Ingin Tahu)
b.
Guru mendefinisikan tentang pengertian
modus Ponens, modus Tollens, dan Silogisme (Karakter : Tanggung Jawab)
c.
Siswa memperhatikan materi yang
disampaikan oleh guru. (Karakter : Mandiri)
2.
Elaborasi
a.
Guru memberikan contoh soal yang
berkaitan dengan modus Ponens, modus Tollens, dan Silogisme. ( Karakter :
Kreatif )
b.
Bersama dengan guru, siswa membahas
soal-soal tersebut ( Karakter : Cinta Ilmu )
c.
Siswa diberikan latihan soal mengenai modus
Ponens, modus Tollens, dan Silogisme. ( Karakter : Tanggung Jawab )
3.
Konfirmasi
a.
Siswa diberikan kesempatan bertanya
mengenai hal-hal yang belum diketahui. ( Karakter : Rasa Ingin Tahu )
b.
Guru menjelaskan tentang hal-hal yang
belum diketahui oleh siswa. ( Karakter : Ingin Tahu )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar