A. STANDAR
KOMPETENSI
4.
Memecahkan
masalah berkaitan dengan konsep matriks.
B. KOMPETENSI
DASAR
4.2
Menyelesaikan operasi matriks.
C. INDIKATOR
1.
Dua
matriks atau lebih ditentukan hasil penjumlahan atau pengurangannya.
2.
Dua
matriks atau lebih ditentukan hasil kalinya
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari
materi operasi matriks, diharapkan siswa mampu :
1.
Menjelaskan
operasi matriks antara lain penjumlahan dan pengurangan
2.
Menjelaskan
operasi matriks antara lain : perkalian skalar dengan matriks
3.
perkalian
matriks dengan matriks
4.
Menyelesaikan
penjumlahan, pengurangan, dan/atau perkalian matriks
5.
Menyelesaikan
kesamaan matriks menggunakan penjumlahan, pengurangan, dan perkalian matriks.
E. MATERI
PEMBELAJARAN
1.
OPERASI
MATRIKS
a.
Penjumlahan
Operasi
penjumlahan dua matriks dilakukan dengan cara menjumlahkan elemen–elemen
yang seletak. Dua matriks dapat dijumlahkan jika ordo kedua matriks tersebut
sama.
Contoh :
Jika diketahui matriksdan,
maka
b.
Pengurangan
Operasi pengurangan dua matriks
dilakukan dengan cara mengurangkan elemen–elemen yang seletak. Dua matriks
dapat dikurangkan jika ordo kedua matriks tersebut sama.
Contoh:
Jika, tentukan N.
Penyelesaian:
c.
Perkalian
1)
Perkalian matriks dengan scalar
Operasi
perkalian matriks dengan scalar dilakukan dengan cara mengalikan scalar dengan
tiap elemen dari matriks.
Contoh:
Jika, maka
2)
Perkalian matrik dengan matriks
Perkalian
matriks A dengan matriks B dilakukan dengan cara menjumlahkan hasil kali baris
matriks A dengan kolom matriks B.
Dua
matriks A dan B dapat dikalikan jika banyaknya kolom matriks A sama dengan
banyaknya baris matriks B.
Contoh
:
Jika
diketahuidan, maka:
F. METODE
PEMBELAJARAN
Ceramah, diskusi, dan
Tanya jawab
G. LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pertemuan Ketiga
Pendahuluan :
1. Berdoa bersama sebelum kegiatan belajar mengajar
dimulai. (karakter ketaqwaan).
2. Salam Pembuka (
menunjukan sikap ramah )
3. Memeriksa kehadiran dan
kesiapan siswa ( membudayakan disiplin, peduli)
4. Guru menjelaskan lingkup
materti yang akan dipelajari ( membiasakn sikap terbuka dan demokkratis )
5. Guru menjelaskan manfaat
kompatensi yang akan dipelajari (guna mengkondisikan dan memotifasi
pesertadidik untuk belajar)
Apersepsi :
Guru menanyakan tugas yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan
mengulas kembali tentang definisi matriks.
Motivasi :
Guru menjelaskan ruang lingkup materi yang akan dipelajari mengenai operasi
matriks.
Kegiatan Inti :
1.
Eksplorasi
a)
Guru
memberikan stimulus tentang menjelaskan operasi matriks yaitu penjumlahan dan
pengurangan (karakter: rasa ingin tahu, menyimak informasi).
b)
Melibatkan
siswa dalam menjelaskan operasi matriks sesuai dengan sifat-sifatnya (karakter: rasa ingin tahu,
komunikatif, jujur, kerja keras).
c)
Guru
memberikan waktu kepada siswa untuk mengadakan pertanyaan mengenai materi.
(karakter: inovatif)
2.
Elaborasi
a)
Siswa
dikelompokkan menjadi kelompok-kelompok kecil untuk diskusi, dengan guru
sebagai fasilitator. (demonstrasi, saling menghargai)
b)
Siswa
diberikan latihan soal yang dikerjakan secara kelompok, sementara guru keliling
kelas memberi bantuan seperlunya.(mandiri, rasa ingin tahu)
c)
Beberapa
siswa mengerjakan kedepan mewakili kelompoknya dan guru membantu dalam
menyimpulkan atas apa yang telah dipresentasikan.(berani, aktif dan percaya
diri)
3.
Konfirmasi
a)
Siswa
diberi waktu untuk mencatat ringkasan materi yang disampaikan guru (Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Peduli).
b)
Siswa
memberikan umpan balik dalam bentuk tanya jawab dengan guru
c)
Siswa
dapat menyimpulkan hasil pembelajaran sehingga mendapat persepsi yang sama
dengan guru (karakter: saling menghargai, kerja keras).
Penutup :
1.
Guru
memberikan penguatan, penyelesaian soal-soal.
2.
Bersama-sama
siswa membuat rangkuman.
3.
Guru
memberi tugas untuk dikerjakan mandiri di rumah.
4.
Guru
memberikan tugas pokok bahasan pertemuan berikutnya.
5.
Guru
menutup pelajaran dengan salam.
Pertemuan Keempat
Pendahuluan :
1.
Berdoa
sebelum memulai pembelajaran (karakter: ketaqwaan)
2.
Memberikan
salam pembuka (karakter: sikap ramah)
3.
Memeriksa
kehadiran dan kesiapan siswa (karakter: disiplin, peduli)
4.
Guru
menjelaskan lingkup materi yang akan dipelajari (karakter: sikap terbuka dan
demonstrasi)
5.
Guru
mengingatkan kepada siswa tentang cara mengoperasi penjumlahan dan pengurangan
matriks.
Apersepsi : Guru menanyakan tugas yang telah
diberikan pada pertemuan sebelumnya serta mengulas sedikit tentang materi
penjumlahan dan pengurangan dua / lebih matriks.
Motivasi : Guru menjelaskan lingkup materi
yang akan dipelajari (karakter : sikap terbuka dan demonstrasi)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar