Jumat, 01 November 2013

RPP KD.2 SK 4



A.    STANDAR KOMPETENSI
4.         Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks.

B.     KOMPETENSI DASAR
4.2         Menyelesaikan operasi matriks.

C.     INDIKATOR
1.        Dua matriks atau lebih ditentukan hasil penjumlahan atau pengurangannya.
2.        Dua matriks atau lebih ditentukan hasil kalinya

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi operasi matriks, diharapkan siswa mampu :
1.        Menjelaskan operasi matriks antara lain penjumlahan dan pengurangan
2.        Menjelaskan operasi matriks antara lain : perkalian skalar dengan matriks
3.        perkalian matriks dengan matriks
4.        Menyelesaikan penjumlahan, pengurangan, dan/atau perkalian matriks
5.        Menyelesaikan kesamaan matriks menggunakan penjumlahan, pengurangan, dan perkalian matriks.





E.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      OPERASI MATRIKS
a.         Penjumlahan
Operasi  penjumlahan dua matriks dilakukan dengan cara menjumlahkan elemen–elemen yang seletak. Dua matriks dapat dijumlahkan jika ordo kedua matriks tersebut sama.
Contoh :
Jika diketahui matriksdan,
maka

b.         Pengurangan
Operasi pengurangan dua matriks dilakukan dengan cara mengurangkan elemen–elemen yang seletak. Dua matriks dapat dikurangkan jika ordo kedua matriks tersebut sama.
Contoh:
Jika, tentukan N.
Penyelesaian:

c.         Perkalian
1)        Perkalian matriks dengan scalar
Operasi perkalian matriks dengan scalar dilakukan dengan cara mengalikan scalar dengan tiap elemen dari matriks.
Contoh:
Jika, maka

2)        Perkalian matrik dengan matriks
Perkalian matriks A dengan matriks B dilakukan dengan cara menjumlahkan hasil kali baris matriks A dengan kolom matriks B.
Dua matriks A dan B dapat dikalikan jika banyaknya kolom matriks A sama dengan banyaknya baris matriks B.
Contoh :
Jika diketahuidan, maka:

F.      METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, diskusi, dan Tanya jawab

G.    LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Ketiga
Pendahuluan          :
1.    Berdoa bersama sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. (karakter ketaqwaan).
2.    Salam Pembuka ( menunjukan sikap ramah )
3.    Memeriksa kehadiran dan kesiapan siswa ( membudayakan disiplin, peduli)
4.    Guru menjelaskan lingkup materti yang akan dipelajari ( membiasakn sikap terbuka dan demokkratis )
5.    Guru menjelaskan manfaat kompatensi yang akan dipelajari (guna mengkondisikan dan memotifasi pesertadidik untuk belajar)

Apersepsi               : Guru menanyakan tugas yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan mengulas kembali tentang definisi matriks.

Motivasi                 : Guru menjelaskan ruang lingkup materi yang akan dipelajari mengenai operasi matriks.
Kegiatan Inti        :
1.          Eksplorasi
a)        Guru memberikan stimulus tentang menjelaskan operasi matriks yaitu penjumlahan dan pengurangan (karakter: rasa ingin tahu, menyimak informasi).
b)        Melibatkan siswa dalam menjelaskan operasi matriks sesuai dengan sifat-sifatnya (karakter: rasa ingin tahu, komunikatif, jujur, kerja keras).
c)        Guru memberikan waktu kepada siswa untuk mengadakan pertanyaan mengenai materi. (karakter: inovatif)

2.          Elaborasi
a)        Siswa dikelompokkan menjadi kelompok-kelompok kecil untuk diskusi, dengan guru sebagai fasilitator. (demonstrasi, saling menghargai)
b)        Siswa diberikan latihan soal yang dikerjakan secara kelompok, sementara guru keliling kelas memberi bantuan seperlunya.(mandiri, rasa ingin tahu)
c)        Beberapa siswa mengerjakan kedepan mewakili kelompoknya dan guru membantu dalam menyimpulkan atas apa yang telah dipresentasikan.(berani, aktif dan percaya diri)

3.          Konfirmasi
a)        Siswa diberi waktu untuk mencatat ringkasan materi yang disampaikan guru (Rasa ingin tahu, Komunikatif, Peduli).
b)        Siswa memberikan umpan balik dalam bentuk tanya jawab dengan guru
c)        Siswa dapat menyimpulkan hasil pembelajaran sehingga mendapat persepsi yang sama dengan guru (karakter: saling menghargai, kerja keras).

Penutup                :
1.        Guru memberikan penguatan, penyelesaian soal-soal.
2.        Bersama-sama siswa membuat rangkuman.
3.        Guru memberi tugas untuk dikerjakan mandiri di rumah.
4.        Guru memberikan tugas pokok bahasan pertemuan berikutnya.
5.        Guru menutup pelajaran dengan salam.

Pertemuan Keempat
Pendahuluan        :
1.        Berdoa sebelum memulai pembelajaran (karakter: ketaqwaan)
2.        Memberikan salam pembuka (karakter: sikap ramah)
3.        Memeriksa kehadiran dan kesiapan siswa (karakter: disiplin, peduli)
4.        Guru menjelaskan lingkup materi yang akan dipelajari (karakter: sikap terbuka dan demonstrasi)
5.        Guru mengingatkan kepada siswa tentang cara mengoperasi penjumlahan dan pengurangan matriks.

Apersepsi             : Guru menanyakan tugas yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya serta mengulas sedikit tentang materi penjumlahan dan pengurangan dua / lebih matriks.

Motivasi              : Guru menjelaskan lingkup materi yang akan dipelajari (karakter : sikap terbuka dan demonstrasi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar