Jumat, 01 November 2013

RPP KD.4 SK 3



A.    STANDAR KOMPETENSI
3.    Memecahkan masalah berkaitan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat 

B.     KOMPETENSI DASAR
3.4    Menyelesaikan sistem persamaan.

C.     INDIKATOR
1.    Sistem persamaan linier dua dan tiga variabel dapat ditentukan penyelesaiannya.
2.    Sistem persamaan dengan dua variabel, satu linier dan satu kuadrat dapat ditentukan penyelesaiannya.

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi sistem persamaan, diharapkan siswa mampu :
1.    Memberi contoh sistem persamaan linier dua variabel dan tiga variabel.
2.    Menyelesaikan sistem persamaan linier dengan metode eliminasi, substitusi, atau keduanya.
3.    Memberi contoh sistem persamaan dengan dua variabel, satu linier dan satu kuadrat.
4.    Menyelesaikan sistem persamaan dengan dua variabel, satu linier dan satu kuadrat.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1.    Sistem Persamaan Linier Dua Variabel / Peubah
Dua atau lebih dari persamaan linier dua peubah yang berlaku secara serentak disebut sistem persamaan linier dua peubah. Untuk menotasikan persamaan-persamaan itu berlaku secara serentak digunakan notasi ”}”. Untuk menyelesaikan sistem persamaan linear dua peubah dapat dilakukan dengan cara :
a.    metode eliminasi
x – 2y = 7, x + y  = -2
eleminasi  x
x – 2y = 7
x + y = -2 –
- 3y  =   9
y  = – 3

eleminasi y
x – 2y = 7         / x   1    /        x – 2y    = 7
x + y   = – 2     /   x   2  /        2x + 2 y = -4
_______________     +
3x   =  3
x   = 1
Jadi, nilai x = 1 dan y = -3

b.    metode substitusi, yaitu menempatkan di tempatnya
x – 2y = 7
x + y = -2
Jawab :
Jika ini persamaan  (1) ……. x – 2y =7
(2)  …… x + y = -2


Ambil satu persamaan, misalnya :
(1)…..    x- 2y = 7
x =  7 +2y…..(3)
(2) ….x+ y = -2
(7+2y) + y = -2
7 + 3y     =  -2
       3y    =   -2 -7
3 y    = -9
y    =  -3
(3)….. x = 7 + 2y
=7 + 2 (-3)
= 7 – 6
                          x   = 1
Jadi nilai x = 1 dan y = -3

c.    metode grafik, yaitu mencari perpotongan dari dua garis lurus .
x- 2y = 7…….(1)
x+ y = -2 …….(2)
Jawab
(1) x-2y = 7
jika x = 0 , maka -2y =7
y = 7/ -2
y = -7/2        (0, -7/2)
jika y =0 , maka x = 7                     (7,0)
(2) x + y = -2
jika x = 0 , y = -2   (0,-2)
jika  y =0, x = -2   (-2,0)
maka grafiknya :
http://nikadekwidiartini.files.wordpress.com/2012/02/grafik.jpg?w=652

2.    Pertidaksamaan dengan 2 peubah
Bentuk umum pertidaksamaan linier dalam peubah x dan y adalah:
ax + by > c       ax + by c
ax + by < c        ax + by  c
dengan a, b, c anggota bilangan real dan a, b ≠ 0.

Contoh
1.    2x + 3y  12
2.     4 -  x

3.    Sistem Persamaan Linier 3 Variabel/ Peubah
Sebagai contoh, marilah kita coba untuk mencari solusi sistem persamaan linier dengan tiga variabel berikut ini!
x
+
y
z
=
1
    (1)
8x
+
3y
6z
=
1
    (2)
−4x
y
+
3z
=
1
    (3)

a.    Metode eliminasi
Metode ini bekerja dengan care mengeliminasi (menghilangkan) variabel-variabel di dalam sistem persamaan hingga hanya satu variabel yang tertinggal.
x
+
y
z
=
1
    (1)
−4x
y
+
3z
=
1
    (3)
-------------------------
+
−3x


+
2z
=
2
    (4)

x
+
y
z
=
1
    (1)
     × 3    
3x
+
3y
3z
=
3
    (1)
−8x
+
3y
6z
=
1
    (2)

−8x
+
3y
6z
=
1
    (2)

-------------------------
-

−5x


+
3z
=
2
    (5)
Dengan persamaan (4) dan (5), mari kita coba untuk menghilangkan z.
−3x
+
2z
=
2
    (4)
     × 3    
−9x
+
6z
=
6
    (4)
−5x
+
3z
=
2
    (5)
     × 2    
−10x
+
6z
=
4
    (5)

-------------------------

x


=
2
    (6)
Dari persamaan (6) kita dapatkan x = 2. Sekarang kita bisa subtitusikan (masukkan) nilai dari x ke persamaan (4) untuk mendapatkan nilai z.
−3(2) + 2z
=
2
    (4)
−6 + 2z
=
2

2z
=
8

z
=
8 ÷ 2

z
=
4

Akhirnya, kita substitusikan (masukkan) nilai dari z ke persamaan (1) untuk mendapatkany.
2 + y − 4
=
1
    (1)
y
=
1 − 2 + 4

y
=
3

Jadi solusi sistem persamaan linier di atas adalah x = 2, y = 3, z = 4

F.      METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Diskusi kelompok, Tanya Jawab, Penugasan.

G.    LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-12
Pendahuluan          :
a.    Berdoa sebelum memulai pembelajaran (karakter: ketaqwaan)
b.    Memberikan salam pembuka (karakter: sikap ramah)
c.    Memeriksa kehadiran dan kesiapan siswa (karakter: disiplin, peduli)
Apersepsi               : Guru mengulas kembali tentang penerapan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.

Motivasi                 : Guru menjelaskan lingkup materi yang akan dipelajari mengenai sistem persamaan linier dua / lebih peubah dan sistem pertidaksamaan linier dua / lebih peubah.

Kegiatan inti          :
1.    Eksplorasi
a.    Guru menjelaskan konsep dasar tentang sistem persamaan linier dua / lebih variabel beserta cara penyelesaiannya.
b.    Guru memberikan contoh permasalahan tentang permasalahan persamaan linier dua / lebih variabel dan cara penyelesaiannya. (karakter: rasa ingin tahu, menyimak informasi).
c.    Guru memberi waktu kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang telah dipelajari.. (aktif, kreatif, dan fokus)


2.    Elaborasi
a.    Siswa diberikan latihan soal yang dikerjakan secara mandiri, sementara guru keliling kelas memberi bantuan seperlunya.(mandiri, rasa ingin tahu)
b.    Beberapa siswa mengerjakan kedepan dan guru membantu dalam menyimpulkan atas apa yang telah dipresentasikan.(berani, aktif dan percaya diri)

3.    Konfirmasi
a.    Siswa diberi waktu untuk mencatat ringkasan materi yang disampaikan guru (Rasa ingin tahu, Komunikatif, Peduli).
b.    Siswa memberikan umpan balik dalam bentuk tanya jawab dengan guru
c.    Siswa dapat menyimpulkan hasil pembelajaran sehingga mendapat persepsi yang sama dengan guru (karakter: saling menghargai, kerja keras).

Penutup                  :
1.    Bersama-sama siswa membuat rangkuman.
2.    Guru memberikan tugas pokok bahasan pertemuan berikutnya.
3.    Guru menutup pelajaran dengan salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar