Sabtu, 02 November 2013

RPP KD.3 SK 6



A.      STANDAR KOMPETENSI
6.        Menerapkan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.

B.       KOMPETENSI DASAR
6.3    Mendeskripsikan Invers, Konvers dan Kontraposisi

C.       INDIKATOR
1.        Invers, Konvers dan Kontraposisi ditentukan dari suatu implikasi
2.        Invers, Konvers dan Kontraposisi ditentukan dari suatu implikasi dan ditentukan nilai kebenarannya

D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari uraian pada kegiatan belajar ini, diharapkan siswa dapat :
1.    Menjelaskan pengertian invers, konvers, dan kontraposisi dari implikasi.
2.    Menentukan invers, konvers, dan kontraposisi dari implikasi ; serta
3.    Menentukan nilai kebenaran dari invers, konvers, dan kontraposisi dari implikasi.

E.       MATERI PEMBELAJARAN
Dari suatu implikasi, misalnya , dapat diperoleh implikasi lain yaitu sebagai berikut :
1.      Menukar anteseden dengan konsekuen, atau sebaliknya sehingga diperoleh implikasi baru yang disebut konvers dari implikasi itu.
Konvers dari “” adalah ” dan berlaku sebaliknya.
2.      Menegasikan anteseden dan konsekuen, sehingga diperoleh implikasi baru yang disebut invers dari implikasi itu.
Invers dari ” adalah “” dan berlaku sebaliknya.
3.      Menegasikan anteseden dan konsekuen, kemudian ditukar letaknya sehingga diperoleh implikasi yang baru yang disebut kontraposisi dari implikasi tersebut.
kontraposisi dari ” adalah “” dan berlaku sebaliknya.

Kebenaran hubungan antara implikasi, konvers, invers, dan kontraposisi dari “” ditunjukkan pada tabel kebenaran berikut.
p
q
-p
-q
Implikasi
Konvers
Invers
Kontraposisi
B
B
S
S
B
B
B
B
B
S
S
B
S
B
B
S
S
B
B
S
B
S
S
B
S
S
B
B
B
B
B
B

Kesimpulan dari tabel tersebut adalah :
1.      Nilai kebenaran dari implikasi ekuivalen dengan nilai kebenaran pada kontraposisi, sehingga
2.      Nilai kebenaran dari konvers ekuivalen dengan nilai kebenaran pada invers, sehingga

F.        METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Metode Pembelajaran Jigsaw

G.      LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-5
Pendahuluan         :
1)        Guru mengucapkan salam pada saat akan memasuki ruang kelas ( Karakter : Religius ).
2)        Guru bersama siswa berdoa bersama sebelum memulai kegiatan belajar. ( Karakter : Religius )
3)        Guru mengabsen kehadiran siswa, dan menanyakan siswa yang tidak masuk kepada teman yang lainnya. ( Karakter : Disiplin )

Apersepsi              : Melakukan kegiatan refleksi tentang materi sebelumnya dan menanyakan tugas jika ada.
Motivasi                :  Siswa dapat menjelaskan tentang pengertian-pengertian dari invers, konvers, dan kontraposisi dari implikasi.

Kegiatan Inti         :
1.       Eksplorasi
a.    Guru memberikan stimulus tentang materi yang akan dipelajari mengenai invers, konvers, dan kontraposisi dari implikasi. (Karakter : Rasa Ingin Tahu)
b.    Guru mendefinisikan tentang pengertian invers, konvers, dan kontraposisi dari impilkasi.
c.    Siswa memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru. (Karakter : Mandiri)

2.       Elaborasi
a.     Guru memberikan contoh soal yang berkaitan dengan invers, konvers, dan kontraposisi dari implikasi. ( Karakter : Kreatif )
b.    Bersama dengan guru, siswa membahas soal-soal tersebut ( Karakter : Cinta Ilmu )
c.     Siswa diberikan latihan soal mengenai invers, konvers, dan kontraposisi dari implikasi. ( Karakter : Tanggung Jawab )

3.      Konfirmasi
a.    Siswa diberikan kesempatan bertanya mengenai hal-hal yang belum diketahui. ( Karakter : Rasa Ingin Tahu )
b.      Guru menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa. ( Karakter : Ingin Tahu )

Lembar Kerja Siswa :
1.      Buatlah invers, konvers, dan kontraposisi dari implikasi berikut ini.
a.       Jika x2 = 81 maka x = 9
b.      Jika suatu bilangan habis dibagi 2 maka bilangan itu genap.
c.       Jika mesin berbahan bakar solar maka disebut diesel.
2.      Buatlah 3 pernyataan yang merupakan implikasi serta tentukan konvers, invers, dan kontraposisinya.

Penutup                 :
a.    Siswa membuat rangkuman tentang sub bab ini. ( Karakter : Cinta Ilmu )
b.    Guru memberikan Pekerjaan Rumah (PR) yang berkaitan dengan materi tersebut. ( Karakter : Tanggung Jawab )
c.    Berdo’a bersama setelah kegiatan belajar selesai. ( Karakter : Religius )

Pertemuan Ke-6
Pendahuluan         :
1)        Guru mengucapkan salam pada saat akan memasuki ruang kelas ( Karakter : Religius ).
2)        Guru bersama siswa berdoa bersama sebelum memulai kegiatan belajar. ( Karakter : Religius )
3)        Guru mengabsen kehadiran siswa, dan menanyakan siswa yang tidak masuk kepada teman yang lainnya. ( Karakter : Disiplin )

Apersepsi              : Mengulas kembali tentang pengertian-pengertian dari invers, konvers, dan kontraposisi dari implikasi serta menanyakan tugas jika ada.

Motivasi                :  Apabila materi tentang sub bab ini siswa mampu mempelajari dengan baik, siswa diharapkan mampu menentukan invers, konvers, dan kontraposisi dari implikasi.

Kegiatan Inti         :
1.      Eksplorasi
a.         Guru membuat contoh soal untuk menentukan invers, konvers, dan kontraposisi dari implikasi. (Karakter : Mandiri)
b.         Bersama-sama dengan siswa guru menyelesaikan soal tersebut. (Karakter : Kreatif, Inovatif)

2.      Elaborasi
a.Guru membuat kelompok diskusi, yang masing-masing 1 kelompok terdiri dari 4 siswa. (Karakter : Demonstrasi)
b.         Guru memberikan soal untuk di diskusikan dengan kelompoknya. (

3.      Konfirmasi
a.         Guru menjelaskan sekilas tentang tugas yang di diskusikan.
b.         Siswa bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui.
c.         Guru menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa. ( Karakter : Ingin Tahu )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar