A. STANDAR
KOMPETENSI
6.
Menerapkan
logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan
majemuk dan pernyataan berkuantor.
B. KOMPETENSI
DASAR
6.3
Mendeskripsikan
Invers, Konvers dan Kontraposisi
C. INDIKATOR
1.
Invers,
Konvers dan Kontraposisi ditentukan dari suatu implikasi
2.
Invers,
Konvers dan Kontraposisi ditentukan dari suatu implikasi dan ditentukan nilai
kebenarannya
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari
uraian pada kegiatan belajar ini, diharapkan siswa dapat :
1.
Menjelaskan pengertian invers, konvers,
dan kontraposisi dari implikasi.
2.
Menentukan invers, konvers, dan
kontraposisi dari implikasi ; serta
3.
Menentukan nilai kebenaran dari invers, konvers,
dan kontraposisi dari implikasi.
E. MATERI
PEMBELAJARAN
Dari suatu implikasi,
misalnya , dapat diperoleh
implikasi lain yaitu sebagai berikut :
1. Menukar
anteseden dengan konsekuen, atau sebaliknya sehingga diperoleh implikasi baru
yang disebut konvers dari implikasi
itu.
Konvers dari “” adalah ” dan berlaku
sebaliknya.
2. Menegasikan
anteseden dan konsekuen, sehingga diperoleh implikasi baru yang disebut invers dari implikasi itu.
Invers dari “” adalah “” dan berlaku sebaliknya.
3. Menegasikan
anteseden dan konsekuen, kemudian ditukar letaknya sehingga diperoleh implikasi
yang baru yang disebut kontraposisi
dari implikasi tersebut.
kontraposisi dari “” adalah “” dan berlaku
sebaliknya.
Kebenaran hubungan
antara implikasi, konvers, invers, dan kontraposisi dari “” ditunjukkan pada
tabel kebenaran berikut.
p
|
q
|
-p
|
-q
|
Implikasi
|
Konvers
|
Invers
“
|
Kontraposisi
|
B
|
B
|
S
|
S
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
S
|
S
|
B
|
S
|
B
|
B
|
S
|
S
|
B
|
B
|
S
|
B
|
S
|
S
|
B
|
S
|
S
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
Kesimpulan dari tabel
tersebut adalah :
1. Nilai
kebenaran dari implikasi ekuivalen dengan nilai kebenaran pada kontraposisi,
sehingga
2. Nilai
kebenaran dari konvers ekuivalen dengan nilai kebenaran pada invers, sehingga
F.
METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Metode
Pembelajaran Jigsaw
G. LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pertemuan
Ke-5
Pendahuluan :
1)
Guru mengucapkan salam pada saat akan
memasuki ruang kelas ( Karakter : Religius ).
2)
Guru bersama siswa berdoa bersama
sebelum memulai kegiatan belajar. ( Karakter : Religius )
3)
Guru mengabsen kehadiran siswa, dan
menanyakan siswa yang tidak masuk kepada teman yang lainnya. ( Karakter :
Disiplin )
Apersepsi : Melakukan kegiatan refleksi
tentang materi sebelumnya dan menanyakan tugas jika ada.
Motivasi : Siswa dapat menjelaskan tentang pengertian-pengertian dari invers,
konvers, dan kontraposisi dari implikasi.
Kegiatan
Inti :
1.
Eksplorasi
a.
Guru memberikan stimulus tentang materi
yang akan dipelajari mengenai invers, konvers, dan kontraposisi dari implikasi.
(Karakter : Rasa Ingin Tahu)
b.
Guru mendefinisikan tentang pengertian invers,
konvers, dan kontraposisi dari impilkasi.
c.
Siswa memperhatikan materi yang
disampaikan oleh guru. (Karakter : Mandiri)
2.
Elaborasi
a.
Guru memberikan contoh soal yang
berkaitan dengan invers, konvers, dan kontraposisi dari implikasi. ( Karakter :
Kreatif )
b.
Bersama dengan guru, siswa membahas
soal-soal tersebut ( Karakter : Cinta Ilmu )
c.
Siswa diberikan latihan soal mengenai
invers, konvers, dan kontraposisi dari implikasi. ( Karakter : Tanggung Jawab )
3.
Konfirmasi
a.
Siswa diberikan kesempatan bertanya
mengenai hal-hal yang belum diketahui. ( Karakter : Rasa Ingin Tahu )
b.
Guru menjelaskan tentang hal-hal yang
belum diketahui oleh siswa. ( Karakter : Ingin Tahu )
Lembar
Kerja Siswa :
1.
Buatlah invers, konvers, dan
kontraposisi dari implikasi berikut ini.
a.
Jika x2 = 81 maka x = 9
b.
Jika suatu bilangan habis dibagi 2 maka
bilangan itu genap.
c.
Jika mesin berbahan bakar solar maka
disebut diesel.
2.
Buatlah 3 pernyataan yang merupakan
implikasi serta tentukan konvers, invers, dan kontraposisinya.
Penutup :
a.
Siswa membuat rangkuman tentang sub bab
ini. ( Karakter : Cinta Ilmu )
b.
Guru memberikan Pekerjaan Rumah (PR)
yang berkaitan dengan materi tersebut. ( Karakter : Tanggung Jawab )
c.
Berdo’a bersama setelah kegiatan belajar
selesai. ( Karakter : Religius )
Pertemuan
Ke-6
Pendahuluan :
1)
Guru mengucapkan salam pada saat akan
memasuki ruang kelas ( Karakter : Religius ).
2)
Guru bersama siswa berdoa bersama
sebelum memulai kegiatan belajar. ( Karakter : Religius )
3)
Guru mengabsen kehadiran siswa, dan
menanyakan siswa yang tidak masuk kepada teman yang lainnya. ( Karakter :
Disiplin )
Apersepsi : Mengulas kembali tentang pengertian-pengertian
dari invers, konvers, dan kontraposisi dari implikasi serta menanyakan tugas
jika ada.
Motivasi : Apabila materi tentang sub bab ini siswa mampu mempelajari dengan
baik, siswa diharapkan mampu menentukan invers, konvers, dan kontraposisi dari
implikasi.
Kegiatan
Inti :
1.
Eksplorasi
a.
Guru membuat contoh soal untuk
menentukan invers, konvers, dan kontraposisi dari implikasi. (Karakter :
Mandiri)
b.
Bersama-sama dengan siswa guru
menyelesaikan soal tersebut. (Karakter : Kreatif, Inovatif)
2.
Elaborasi
a.Guru
membuat kelompok diskusi, yang masing-masing 1 kelompok terdiri dari 4 siswa. (Karakter
: Demonstrasi)
b.
Guru memberikan soal untuk di diskusikan
dengan kelompoknya. (
3.
Konfirmasi
a.
Guru menjelaskan sekilas tentang tugas
yang di diskusikan.
b.
Siswa bertanya tentang hal-hal yang
belum diketahui.
c.
Guru menjelaskan tentang hal-hal yang
belum diketahui oleh siswa. ( Karakter : Ingin Tahu )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar