A. STANDAR
KOMPETENSI
3. Memecahkan masalah berkaitan sistem persamaan dan
pertidaksamaan linier dan kuadrat .
B. KOMPETENSI
DASAR
3.1 Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan
pertidaksamaan linier.
C. INDIKATOR
1. Persamaan linier ditentukan penyelesaiannya.
2. Pertidaksamaan linier ditentukan penyelesaiannya.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi konsep
bilangan berpangkat, diharapkan siswa dapat :
1.
Menjelaskan
pengertian persamaan linier.
2.
Menyelesaikan
persamaan linier.
3.
Menjelaskan
pengertian pertidaksamaan linier.
4.
Menyelesaikan
pertidaksamaan linier.
5.
Menyelesaikan
masalah program keahlian yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan
linier.
E. MATERI
PEMBELAJARAN
1. Kalimat
Terbuka, Variabel, dan Konstanta
Kalimat terbuka adalah kalimat yang mengandung satu
atau lebih variabel dan belum diketahui nilai kebenarannya.
Contoh:
x + 2 =5
2. Pengertian Persamaan Linier Satu Variabel
Persamaan Linier Satu Variabel adalah kalimat
terbuka yang dihubungkan tanda sama dengan ( “=”) dan hanya mempunyai satu
variabel berpangkat 1.
Bentuk umum persamaan linier
satu variable adalah ax + b = 0
Contoh : x + 3 –
7
Pada contoh diatas x, a, b adalah variabel (peubah) yang dapat
diganti dengan sembarang bilangan yang memenuhi.
3. Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV)
Himpuana Penyelesaian (HP) adalah himpunan dari
penyelesaian-penyelesaian suatu persamaan.
Contoh
:
x
– 1 = 4x + 5
x – 1 + 1 = 4x + 5 + 1
x = 4x + 6
x – 4x = 4x – 4x +6
-3x = 6
x = -2
Jadi,
penyelesaian dari persamaan x – 1 = 4x + 5 adalah x = -2
4.
Pertidaksamaan linear satu variabel
Pertidaksamaan
linear satu variabel hampir sama dengan persamaan linear satu variabel. Namun memiliki
perbedaan yaitu pertidaksamaan linear satu variabel dihubungkan dengan tanda
kurang dari (<), lebih dari (>), kurang dari atau sama dengan (≤), lebih
dari atau sama dengan (≥).
Contoh
:
3x
– 7 > 8
3x – 7 + 7 > 8 + 7
3x > 15
x > 5
Jadi,
penyelesaian dari pertidaksamaan 3x – 7 > 8 adalah x > 5
F. METODE
PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya jawab, diskusi kelompok dan Penugasan
G. LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pertemuan
Pertama
Pendahuluan :
1.
Berdoa
sebelum memulai pembelajaran (karakter: ketaqwaan).
2.
Memberikan
salam pembuka (karakter: sikap ramah).
3.
Memeriksa
kehadiran dan kesiapan siswa (karakter: disiplin, peduli).
4.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
Apersepsi : Guru menjelaskan lingkup materi yang akan dipelajari
(karakter: sikap terbuka dan demonstrasi)
Motivasi : Apabila materi tentang persamaan linear dikuasai dengan baik, maka
siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel.
Kegiatan
Inti :
1.
Eksplorasi
a.
Guru
memberikan stimulus tentang pengertian persamaan linier (karakter: rasa ingin
tahu, menyimak informasi).
b.
Guru
memberikan sebuah pertanyaan kepada siswa seputar persamaan linier. (kreatif, rasa ingin tahu)
c.
Guru
menjelaskan kembali tentang cara menyelesaikan persamaan linier. (aktif,
kreatif, dan fokus)
d.
Guru
mengajak siswa untuk berpartisipasi dalam menyelesaikan soal tentang persamaan
linier secara bersama-sama.(demokrasi, aktif, saling menghargai)
2.
Elaborasi
a.
Siswa
dikelompokkan menjadi kelompok-kelompok kecil untuk diskusi, dengan guru
sebagai fasilitator. (demonstrasi, saling menghargai)
b.
Siswa
diberikan latihan soal yang dikerjakan secara kelompok, sementara guru keliling
kelas memberi bantuan seperlunya.(mandiri, rasa ingin tahu)
c.
Beberapa
siswa mengerjakan kedepan mewakili kelompoknya dan guru membantu dalam
menyimpulkan atas apa yang telah dipresentasikan.(berani, aktif dan percaya
diri)
3.
Konfirmasi
a.
Siswa
diberi waktu untuk mencatat ringkasan materi yang disampaikan guru (Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Peduli).
b.
Siswa
memberikan umpan balik dalam bentuk tanya jawab dengan guru
c.
Siswa
dapat menyimpulkan hasil pembelajaran sehingga mendapat persepsi yang sama
dengan guru (karakter: saling menghargai, kerja keras).
Penutup :
1.
Guru
memberikan penguatan, penyelesaian soal-soal.
2.
Bersama-sama
siswa membuat rangkuman.
3.
Guru
menutup pelajaran dengan salam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar