Jumat, 01 November 2013

RPP KD.1 SK 3



A.    STANDAR KOMPETENSI
3.    Memecahkan masalah berkaitan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat .

B.     KOMPETENSI DASAR
3.1    Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linier.

C.     INDIKATOR
1.    Persamaan linier ditentukan penyelesaiannya.
2.    Pertidaksamaan linier ditentukan penyelesaiannya.

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi konsep bilangan berpangkat, diharapkan siswa dapat :
1.        Menjelaskan pengertian persamaan linier.
2.        Menyelesaikan persamaan linier.
3.        Menjelaskan pengertian pertidaksamaan linier.
4.        Menyelesaikan pertidaksamaan linier.
5.        Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier.




E.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Kalimat Terbuka, Variabel, dan Konstanta
Kalimat terbuka adalah kalimat yang mengandung satu atau lebih variabel dan belum diketahui nilai kebenarannya.
Contoh:
x + 2 =5

2.      Pengertian Persamaan Linier Satu Variabel
Persamaan Linier Satu Variabel adalah kalimat terbuka yang dihubungkan tanda sama dengan ( “=”) dan hanya mempunyai satu variabel berpangkat 1.
Bentuk umum persamaan linier satu variable adalah ax + b = 0
Contoh :  x + 3 – 7
Pada contoh diatas x, a, b adalah variabel (peubah) yang dapat diganti dengan sembarang bilangan yang memenuhi.

3.      Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV)
Himpuana Penyelesaian (HP) adalah himpunan dari penyelesaian-penyelesaian suatu persamaan.
Contoh :
x – 1 = 4x + 5
 x – 1 + 1 = 4x + 5 + 1
 x = 4x + 6
 x – 4x = 4x – 4x +6
 -3x = 6
   x = -2
Jadi, penyelesaian dari persamaan x – 1 = 4x + 5 adalah x = -2

4.      Pertidaksamaan linear satu variabel
Pertidaksamaan linear satu variabel hampir sama dengan persamaan linear satu variabel. Namun memiliki perbedaan yaitu pertidaksamaan linear satu variabel dihubungkan dengan tanda kurang dari (<), lebih dari (>), kurang dari atau sama dengan (≤), lebih dari atau sama dengan (≥).
Contoh :
3x – 7 > 8
 3x – 7 + 7 > 8 + 7
 3x > 15
 x > 5
Jadi, penyelesaian dari pertidaksamaan 3x – 7 > 8 adalah x > 5


F.      METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya jawab, diskusi kelompok dan Penugasan

G.    LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Pendahuluan         :
1.         Berdoa sebelum memulai pembelajaran (karakter: ketaqwaan).
2.         Memberikan salam pembuka (karakter: sikap ramah).
3.         Memeriksa kehadiran dan kesiapan siswa (karakter: disiplin, peduli).
4.         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

Apersepsi             : Guru menjelaskan lingkup materi yang akan dipelajari (karakter: sikap terbuka dan demonstrasi)

Motivasi                :  Apabila materi tentang persamaan linear dikuasai dengan baik, maka siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.

Kegiatan Inti         :
1.      Eksplorasi
a.    Guru memberikan stimulus tentang pengertian persamaan linier (karakter: rasa ingin tahu, menyimak informasi).
b.    Guru memberikan sebuah pertanyaan kepada siswa seputar persamaan linier. (kreatif, rasa ingin tahu)
c.    Guru menjelaskan kembali tentang cara menyelesaikan persamaan linier. (aktif, kreatif, dan fokus)
d.   Guru mengajak siswa untuk berpartisipasi dalam menyelesaikan soal tentang persamaan linier secara bersama-sama.(demokrasi, aktif, saling menghargai)

2.      Elaborasi
a.         Siswa dikelompokkan menjadi kelompok-kelompok kecil untuk diskusi, dengan guru sebagai fasilitator. (demonstrasi, saling menghargai)
b.        Siswa diberikan latihan soal yang dikerjakan secara kelompok, sementara guru keliling kelas memberi bantuan seperlunya.(mandiri, rasa ingin tahu)
c.         Beberapa siswa mengerjakan kedepan mewakili kelompoknya dan guru membantu dalam menyimpulkan atas apa yang telah dipresentasikan.(berani, aktif dan percaya diri)

3.      Konfirmasi
a.         Siswa diberi waktu untuk mencatat ringkasan materi yang disampaikan guru (Rasa ingin tahu, Komunikatif, Peduli).
b.        Siswa memberikan umpan balik dalam bentuk tanya jawab dengan guru
c.         Siswa dapat menyimpulkan hasil pembelajaran sehingga mendapat persepsi yang sama dengan guru (karakter: saling menghargai, kerja keras).

Penutup                 :
1.         Guru memberikan penguatan, penyelesaian soal-soal.
2.         Bersama-sama siswa membuat rangkuman.
3.         Guru menutup pelajaran dengan salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar